Apa itu Driver

MualtryDevice Driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa pengandar (driver) yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Pengandar peranti, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernel space) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). 

Beberapa sistem operasi juga menawarkan pengandar peranti yang berjalan di dalam ruang pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa pengandar telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tetapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh pengandar-pengandar bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan pengandar ke dalam sistem operasi. Pengandar juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.

Apa Driver itu penting

Dalam sistim operasi komunikasi antara perangkat keras dan sistim operasi itu sendiri sangatlah penting, jika kita ingin menambah atau memaksimalkan penggunaan perangkat keras tentunya kita wajib menggunakan driver sebagai jembatan komunikasi antara keduanya. Dalam hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa driver itu merupakan komponen yang cukup penting dalam sistim operasi pada device baik itu komputer, HP, perangkat jaringan dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mendapatkan driver

Dalam dunia komputer setiap device pasti mempunya driver masing-masing sesuai yang dibuat oleh pembuat device maupun pngembang sistim operasi. Mayoritas saat kita membeli sebuah device baru akan ada DVD kecil yang berisi manual dan driver dari device tersebut, selain itu kita bisa mendapatkan driver dari website device tersebut, cara ini merupakan cara paling mudah untuk mengetahui dan mencari sebuah driver. Namun ada kalanya kita tidak menemukan atau bingung karena driver sudah di hapus atau tidak tersedia lagi backup nya di website official, namun sobat jangan sedih dikarenakan masih ada  beberapa cara alternatif menginstall sebuah driver pada komputer yang akan di bahas di bawah.

Cara Instalasi Driver

Jika sobat sudah mendapatkan driver sesuai dengan device yang akan di eksekusi langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi driver pada komputer, caranya cukup mudah dan disini ada dua tipe cara install nya yaitu :

  1. Instalasi otomatis, dikatakan otomatis karena kita hanya membuka file .exe dari driver yang akan kita install
    - Buka file .exe driver, bisa dengan cara klik 2x atau klik kanan lalu open
    - Ikuti langkah-langkah yang tersedia sampai selesai, device siap digunakan
  2. Instalasi manual, disini saya sebut manual dikarenakan file driver yang bukan berupa file .exe dan merupakan file mentah dari driver terssebut
    - Buka menu start atau pencarian lalu ketik Device manager, lalu klik open
    - Cari device yang ingin sobat install drivernya lalu klik kanan pilih Update Driver
    - Pilih Browse my computer (jika kamu memiliki file drivernya) atau Search automatically for driver (Jika tidak mempunyai file driver). Kali ini kita pili Browse my computer for driver lalu arahkan ke lokasi drivermu berada lalu klik next, driver akan mulai terinstall.

Cara mendapatkan file driver 100% Work

Untuk sobat yang kehilangan atau tidak menemukan driver di internet ada beberapa trik yang sudah sering saya gunakan untuk mengatasi driver yang bandel, yang saya maksud tersebut adalah driver yang tidak cocok dengan driver yang sobat dapat di internet dan tetap ada tanda tanya pada device manager yang menandakan bahwa driver belum terinstall. Berikut 2 trik mendapatkan driver dengan mudah
  1. Cara pertama merupakan cara dimana sangat cocok bagi sobat yang mempunyai kuota berlimpah, sobat dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang merupakan aplikasi khusus untuk solusi driver, berikut beberapa contoh aplikasi driver untuk windows :
    - Driver Pack
    - Driver Talent
    - IOBIT Driver Booster
    - Auslogic Driver
    - Snappy Driver installer dan beberapa lainya
  2. Kedua merupakan cara manual dan merupakan cara yang saya gunakan sampai saat ini, merupakan cara manual untuk mendapatkan file driver serta lebih ramah kuota karena file driver yang kita dapatkan merupakan driver mentah nya dan bukan merupakan driver package yang mempunyai ukuran cukup besar.
    - Buka Device Manager, klik kanan dan pilih propeties
    - Buka tab Details, pilih Hardware Ids atau Compatible Ids
    - Copy text yang berada paling atas lalu buka browser dan paste

    - Buka website tersebut dan download drivernya, langkah selanjutnya kita tinggal menginstallnya untuk cara nya menyesuaikan format file pada driver nya apakah kita menggunakan Instalasi Otomatis atau Manual.
Berikut sedikit mengenai Tips dalam aspek instalasi driver, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.
0Komentar

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya