Pengertian Modem, Router, Access Poin, Switch Manage

Mualtry - IP Address adalah sistem pemberian alamat pada sebuah device dalam suatu jaringan, tiap device mempunyai alamat untuk sekedar monitoring atau konfigurasi, device tersebut di antaranya Modem, Router, Access Point (Wifi), switch manage. Berikut sedikit penjelasan dari masing-masing device tersebut

    Modem, ONT adalah sebuah device yang berfungsi sebgai gateway penghubung antara ISP dengan client dari ISP tersebut baik GSM maupun menggunakan perantara kebel FO, device akan di daftarkan di server ISP sehingga bisa mendapatkan koneksi internet sesuai paket yang terdaftar.

    Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk mengkonfigurasi, menghubungkan, server jaringan satu dengan yang lainya. Bandwidth dari ONT akan di konfigurasi ulang pada router dan di salurkan ke client agar penggunaanya lebih efisien.

    Access Point adalah sebuah device yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi melalui jaringan Wireless kepada client pada suatu jaringan, beberapa fungsi lainya yaitu meringankan beban dari Router khususnya berfungsi sebagai DHCP server.

    Switch Manage adalah sebuah device yang berfungsi untuk menghubungkan 2 device atau lebih pada suatu jaringan, namun Switch Manage berbeda dengan switch biasa, perbedaanya yaitu Switch Manage kita dapat mengkonfigurasi VLAN, QOS, Protocol, Alarm dan juga beberapa fitur lainya.

Lupa IP Addess Modem, Router, Access Point (Wifi) biasanya di alami sebagian dari orang-orang, jika beruntung dan device belum di setting sobat dapat melihat Address yang biasanya terletak pada stiker di bawah device, umumnya si menggunakan IP Address 192.168.x.x namun ada juga beberapa device yang menggunakan IP private 10.x.x.x. Semua informasi tersebut tertulis di stiker yang terletak pada device atau sobat dapat mencarinya di internet dan juga manual dari device tersebut.

Solusi Lupa IP Addess Modem, Router, Access Point, Switch Manage

    Bagaimana jika saya lupa dan tidak ada media untuk mencari informasi dari router tersebut. Kali ini saya akan membagikan tips jika sobat Lupa IP Addess Modem, Router, Access Point (Wifi), tentunya cara berikut merupakan cara umum namun jarang di aplikasikan atau digunakan oleh orang awam.

A. Fitur Informasi Default PC/HP

  1. PC atau Komputer, simple nya sobat dapat menggunakan syntax ipconfig pada CMD Windows atau ifconfig pada terminal Linux, cara lainya sobat dapat membuka menu network dengan langkah sebagai berikut :
    • Pertama sobat konek ke jaringan device, bisa menggunakan wifi atau kabel LAN dari device ke Komputer sobat
    • Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center

    • Berikut akan muncul informasi detail dari jaringan sobat
    • Buka web browser dan tulis IP gateway dari device sobat, maka akan muncul page login dari device yang sobat gunakan
  2. HP atau Smartphone, untuk di HP cara nya sama dengan di komputer yaitu dengan cara melihat IP gateway pada device yang dapat di lihat dengan cara di bawah
    • Masuk ke menu Setting > Connection (Jaringan) > Wifi
    • Tekan logo Setting yang berada di sebelah kanan nama Wifi sobat
    • Tekan view more yang berada di bawah lalu fokus pada info IP address
    • Akan terlihat IP gateway dari device sobat, disini saya kasih tips untuk sobat yang hanya muncul informasi IP address nya saja bukan gateway, untuk kebanyakan device mayoritas gateway menggunakan IP pertama dari DHCP server device tersebut yang berarti angka 1. Pada kasus di bawah akan menjadi 192.168.0.1

B. Aplikasi IP Scanner

    Pengunaan bantuan aplikasi pada komputer di peruntukkan kepada device yang wifi dan juga DHCP server nya dalam kondisi mati sehingga hanya bisa menggunakan jalur LAN untuk jalur komunikasinya. Ada beberapa aplikasi yang dapat sobat gunakan untuk mencari tahu alamat IP Address pada suatu device di antaranya :

    Prinsip kerjanya adalah melakukan scan IP pada range tertentu sehingga akan terlihat device tersebut ada pada alamat berapa, semakin lebar range yang digunakan maka akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan scan IP. Untuk wireshark sendiri berfungsi sebagai aplikasi Packet Sniffing yaitu sebuah cara untuk membaca semua paket yang lewat pada suatu interface jaringan komputer. Kali ini saya akan membagikan salah satu cara nya menggunakan aplikasi Advanced IP Scanner, cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui port aktif dari suatu device.

  1.  Download aplikasi Advanced IP Scanner pada link di atas
  2. Install aplikasi hingga selesai lalu buka pengaturan Network Adapter kalian

  3. Setting alamat IP kalian, gunakan IP yang kemungkinan kecil digunakan oleh device itu namun masih dalam 1 range IP, kuncinya ada di subnet mask, saya menggunakan Subnet Mask IP kelas B yaitu 255.255.x.x yang pada kasus ini kita bisa menscan IP dari alamat 192.168.0.1-192.168.254.254, dari sini sobat akan memahami cara yang saya maksud
  4. Buka aplikasi Advanced IP Scanner lalu masukkan range IP yang akan sobat scan dan masih dalam kelas yang sama dengan subnet mask. Pada gambar di bawah saya melakukan scan IP dari 192.168.0.1-192.168.1.254. Disini saya sarankan untuk menggunakan subnet mask yang sama dengan device karena untuk menghindari gagal scan terhadap device itu sendiri. Jadi setidaknya sobat harus tahu perkiraan IP device supaya bisa dijadikan referensi untuk eksekusi.

    Dari sini kita bisa men scan port yang terbuka dari sebuah device, biasa digunakan untuk aksi peretasan kamera pada suatu jaringan dikarenakan mudahnya informasi ini di dapatkan. Tips agar semua device sobat termasuk CCTV aman yaitu gunakan password  pada device kalian, hindari menggunakan password default karena akan sangat mudah di tebak, usahakan agar beberapa orang saja yang tahu karena hal-hal tersebut untuk meminimalisir bocornya sistem kalian ke orang yang kurang bertanggung jawab.

    Berikut sedikit pembahasan mengenai Lupa IP Addess Modem, Router, Access Point (Wifi), jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

1Komentar
  1. Anonim
    Judulnya typo

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya
-->