Daftar Alat Kerja Teknisi Jaringan (Networking Support) beserta fungsinya

Mualtry -  Sebagai seorang teknisi jaringan tentunya ada berbagai alat yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah dalam sebuah jaringan. Akan sulit jika seorang teknisi jaringan tidak membawa alat pendukung tersebut, contohnya seperti laptop dan kabel LAN itu meerupakan alat wajib bagi setiap teknisi jaringan profesional.

Bayangkan saja semisal kita ingin mengkonfigurasi sebuah device yang komunikasinya hanya bisa lewat kabel LAN dan bukan WIFI, hal itulah yang mendasari kedua alat di atas merupakan alat wajib bagi teknisi profesional jaringan. Selain laptop dan kabel LAN ada banyak alat pendukung yang biasa digunakan para teknisi jaringan untuk memperlancar pekerjaanya yang akan di jelaskan di bawah berikut juga dengan kedua alat tersebut :

1. Laptop / Komputer

Laptop / Komputer adalah alat kerja yang berfungsi sebagai jembatan antara device jaringan dengan manusia, biasa digunakan untuk troubleshoot, konfigurasi, monitoring dalam sebuah sistem jaringan komputer. Hal ini juga tergantung dari kerusakan pada sebuah jaringan itu sendiri namun menurut saya pribadi Laptop adalah alat wajib karena fungsinya yang cukup penting dan bisa di bawa kemana saja.

2. Kabel LAN

Kabel LAN adalah alat kerja yang berfungsi sebagai media perantara dari Laptop / Komputer ke device jaringan, penggunaan kabel LAN dibutuhkan saat tidak ada media wireless yang digunakan device yang akan kita maintenance. Walau fungsinya sebgai cadangan namun akan sangat fatal karena jika tidak ada, kita tidak bisa melakukan maitenance menggunakan laptop / komputer dengan beberapa ketentuan di atas.

3. Konektor RJ45 & RJ11

Konektor adalah alat kerja yang berfungsi sebagai konektor atau ujung dari kabel yang akan terkoneksi ke port dari masing-masing device. Konektor yang biasa digunakan sendiri ada 2 macam yaitu : RJ45 digunakan untuk konektor ke port Ethernet suatu device dan terdiri dari 8 core, RJ11 digunakan untuk konektor ke port telepon dan terdiri dari 4 core.

4. Tang Crimping

Tang Crimping adalah alat kerja yang berfungsi untuk melakukan Crimping kabel dengan konektor, baik itu kabel LAN RJ45 maupun kabel Telepon RJ11. Digunakan saat kita akan membuat kabel baru untuk penghubung antar perangkat jaringan komputer, jika tidak ada tang ini maka kabel dan konektor tidak saling bergabung sehingga tidak bisa dipakai.

5. LAN Tester

LAN Tester adalah alat kerja yang berfungsi untuk menguji hasil dari Crimping kabel dengan konektor yang telah kita lakukan, jika lampu indikator menyala sesuai dengan susunan yang kita buat di pastikan hasilnya bagus dan bisa digunakan untuk jalur komunikasi pada jaringan komputer, terdiri dari 8 LED indikator utama sesuai dengan jumlah core pada kabel LAN itu sendiri.

6.Kabel FO

Kabel FO adalah alat kerja yang berfungsi sebagai media komunikasi jaringan menggunakan inti kaca dan cahaya sebagai medianya dengan kecepatan yang lebih besar daripada kabel LAN, karena harga yang murah untuk penarikan jarak jauh dan speed yang ditawarkan makan kabel FO banyak digunakan terutama sebagai jalur utama atau BackBound dalam sebuah ISP.

7. Pigtail

Pigtail adalah alat kerja yang berfungsi sebagai ujung konektor dari sebuah kabel Fiber Optic, kalau di kabel LAN fungsinya mirip seperti Konektor RJ45. Diperlukan alat khusus untuk menyambung kabel Fiber Optic yang putus atau penyambungan dari kabel ke Pigtail dikarenakan berbahan kaca sehingga tidak bisa di sambung dengan isolasi atau alat penyambung lainya. Ada 2 macam tipe Pigtail yaitu Pigtail SC (memiliki ukuran yang lebih besar dan merupakan standart dari kabel FO), Pigtail LC (mempunyai ukuran yang lebih kecil dan biasa digunakan pada sistem SFP).

8.Splicer

Splicer adalah alat kerja yang berfungsi sebagai penyambung kabel Fiber Optic, bekerja dengan cara melelehkan serat kaca sehingga dapat tersambung antara 2 sisi yang awalnya putus. Walau harga kabel FO sangatlah murah namun perangkat-perangkat untuk maintenance nya mempunyai harga yang cukup lumayan hal itu sangatlah pantas dikarenakan kelebihan kabel Fiber Optic yang di tawarkan.

9. Cleaver FO

Cleaver FO adalah alat kerja yang berfungsi untuk memotong serat kaca kabel Fiber Optic agar rapi dan bisa di sambung, untuk pemotongan kabel Fiber Optic sendiri harus lurus dan tidak boleh pecah atau hasil Splicing akan gagal dan harus mengulangi lagi.

10. Tisu & Alkohol

Tisu & Alkohol adalah alat kerja yang berfungsi untuk pembersih setelah kabel Fiber Optic Sebelum dilakukan pemotongan, hal itu untuk menghilangkan debu dan juga minyak yang menempel pada saat dibukanya kabel FO, apalagi yang Core nya banyak haruslah dilakukan pembersihan yang menyeluruh dengan alkohol dan tisu.

11. Stripper FO

Stripper adalah alat kerja yang berfungsi untuk mengupas kulit luar dari Core Kabel Fiber Optic, untuk keadaan darurat bisa menggunakan api sehingga kulit luar akan terbakar dan dapat dibersihkan menggunakan alkohol dan tisu.

12. OPM

Optical Power Meter (OPM) adalah alat kerja yang berfungsi untuk mengukur redaman yang di pancarkan dari device Fiber Optic atau server OLT pusat, dilakukan pengukuran tersebut untuk menentukan apakah di ujung kabel dapat terhubung dengan lancar terhadap server pusat atau tidak.

13. VFL

Visual Vault Locator (VFL) adalah alat kerja yang berfungsi sebagai pemancar cahaya untuk menentukan apakah kabel FO tersambung atau tidak, ada beberapa VFL yang di bedakan berdasarkan jarak jangkauan, ada 2 sistim lampu pada VFL yaitu kedip dan juga nyala terus menerus.

14. OTDR

Optical Time Domain Reflectometer (OTDR) adalah alat kerja yang berfungsi sebagai pengukur jarak dari kabel Fiber Optic, biasanya digunakan untuk mengetahui jarak sambungan dan juga lokasi kabel Fiber Optic yang putus, akan sangat sulit bila tidak ada alat ini apalagi untuk Fiber Optic dengan jarak Puluhan kilometer. Kebanyakan versi OTDR sekarang juga dilengkapi fungsi OPM dan juga VFL sehingga lebih efisien dan menghemat tempat.

15. Konektor SFP

Small Form-factor Pluggable (SFP) adalah alat kerja yang berfungsi sebagai modul transceiver optik hot-swappable compact yang digunakan dalam telekomunikasi dan jaringan komunikasi data. SFP sendiri menurut pendapat pribadi adalah module yang cukup berguna dikarenakan terdapat ukuran berdasarkan jarak dari Kabel Fiber Optic sehingga kita dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan dan komunikasi menjadi lebih lancar. Untuk speed yang di tawarkan pun lebih bagus jika menggunakan port SC biasa.

16. Tangga

Tangga adalah alat kerja yang berfungsi untuk memanjat saat kita akan melakukan pekerjaan yang berada pada posisi tinggi, perlu keberanian juga untuk menggunakan tangga khususnya untuk tangga yang cukup panjang. Untuk pekerjaan yang memerlukan waktu lama pada ketinggian saya sarankan memakai sabuk pengaman untuk menghindari jatuh, saat kita berada pada posisi ketinggian dan cukup lama tubuh akan mudah capek dan tanpa disadari akan membahayakan diri kita sendiri. Berikut contoh penggunaan tangga yaitu :

  1. Pemasangan konektor pada ODP di atas tiang
  2. Pemasangan media komunikasi seperti kabel
  3. Pemasangan device jaringan seperti Access Point dll

Berikut sedikit pembahasan mengenai Alat Kerja Teknisi Jaringan (Networking Support), jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

0Komentar

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya