Daftar Alat Untuk Usaha Voucher WIFI

Daftar Alat Untuk Usaha Voucher WIFI beserta beberapa pembahasan lainya mengenai topik yang berhubungan dengan bisnis tersebut - www.mualtry.com
Mualtry

Daftar Alat Untuk Usaha Voucher WIFI

Mualtry - Banyak bermacam-macam usaha kecil yang ada di indonesia, apalagi sempat menjadi trend karena banyaknya jumlah konsumen dari mulai awal COVID19 sampai sekarang. Di antaranya adalah usaha Voucher WIFI, usaha ini banyak diminati karena harganya yang cukup murah dibandingkan dengan harga paket GSM dan juga WIFI dari ISP besar, apalagi para murid atau siswa yang melakukan daring atau belajar dirumah pastinya memerlukan kuota yang cukup banyak pada masa COVID19, maka dari kejadian tersebut usaha ini menjadi peluang bagi beberapa orang, selain untuk membantu sesama tentunya untuk mencari keuntungan juga.

Ada beberapa pemain di sektor ini mulai dari pegiat RT/RW Net sampai warga biasa yang awam dan mau belajar akan hal tersebut, karena cara dan juga peralatan yang cukup simple itulah bahkan orang awam tertarik akan bisnis ini. Berikut akan saya bahas mengenai Daftar Alat Untuk Usaha Voucher WIFI beserta beberapa pembahasan lainya mengenai topik yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

1. Sumber Internet

Sumber Internet adalah faktor utama dalam bisnis ini yang berfungsi sebagai sumber dari internet yang akan dijual kembali, sumbernya berasal dari ISP maupun jaringan GSM. Kebanyakan hasil yang saya amati mayoritas menggunakan sumber dari ISP karena harganya yang sangat murah, namun perlu sobat perhatikan untuk menggunakan ISP dengan Legalitas Resmi agar usaha yang dilakukan menjadi berkah. Hal tersebut bisa di baca pada ketentuan masing-masing penyedia jasa ISP.

2. Modem, ONT

Modem, ONT (Optical Network Transmitter) adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai gateway atau gerbang masuk internet dari ISP ke tempat sobat, untuk saat ini yang di pakai adalah ONT karena penggunaan media berupa kabel Fiber Optic. Internet tersebut berasal dari server pusat OLT (Optical Line Termination) yang kemudian di salurkan ke ODP di tiap wilayah yang kembali akan di bagi menggunakan Splitter hingga sampai ke rumah pelanggan dari ISP tersebut. ONT sendiri juga di lengkapi dengan WIFI yang langsung bisa sobat gunakan tanpa tambahan perangkat lainya.

3. Router

Router adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan management bandwidth yang berasal dari ONT, sehingga bandwidth yang tersedia menjadi lebih efisien. Sobat dapat membuat voucher WIFI pada menu hotspot yang tersedia pada router, router yang banyak digunakan adalah Mikrotik karena banyaknya varian mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Pada kasus ini fungsi router hanya untuk :

  • Membuat Voucher WIFI
  • Management Bandwidth User
  • Konfigurasi Firewall, DNS dll
  • Konfigurasi Page Login WIFI
  • Konfigurasi Traffic agar ping tetap stabil dll

4. Access Point

Access Point (AP) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyebar kembali koneksi internet kepada client melalui media Wireless atau biasa disebut dengan WIFI, untuk AP sendiri ada 2 versi yaitu : Pertama indoor dengan jangkauan terbatas serta tidak bisa terkena air diluar ruangan, Kedua outdoor dengan jangkauan lebih luas yang biasa di letakkan di posisi ketinggian diluar ruangan. Dari sini kita sudah berhasil membuat usaha WIFI kecil-kecilan namun dengan area jangkauan yang terbatas, untuk memperlebarnya sobat perlu menambahkan alat pendukung lainya.

5. Media Converter

Media Converter atau biasa di sebut HTB adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai Converter antarara kabel LAN dan kabel FO sehingga jarak yang ditempuh bisa lebih jauh dan lebih murah. banyak digunakan sebagai media utama untuk menghubungkan internet ke tempat yang cukup jauh melalui perantara kabel Fiber Optic.

6. Media Perantara

Media Perantara adalah sebuah perantara baik berupa kabel maupun wireless yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan antar device. Dalam kasus ini dipakai untuk memperluas jangkauan Voucher WIFI kita agar bisa digunakan ke tempat lainya, pemilihan media biasanya di tentukan oleh medan dan jarak pada lokasi tersebut. Untuk kestabilan koneksi banyak pemain menggunakan kabel Fiber Optic sebagai media perantaranya, semua itu tergantung faktor dan juga dana masing-masing pemain.
Berikut sedikit pembahasan mengenai Daftar Alat Untuk Usaha Voucher WIFI, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.
Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain
User
Comment Poster
Tipe mikrotik yg rekomen buat wifi voucher rt rw
Replied
Tipe mikrotik menyesuaikan budget masing2 gan, kalo secara umum saran spek dari saya yaitu :
- Minim speed port 1Gbps biar jalur bandwidth besar
- Jumlah port menyesuaikan kebutuhan
- Beli baru, karena mikrotik sendiri nantinya akan menjadi pusat jaringan, bekas boleh asal masih segel dan BB 0%
- Alternatif lain sobat bisa beli lisensi OS mikrotik untuk di install di komputer jika dirasa spek mikrotik masih kurang