Contoh Laporan Prakerin SMK TKJ

contoh laporan yang dulu pernah saya buat. Berikut contoh laporan PKL Teknik Komputer dan Jaringan.
Mualtry

Pendahuluan

Mualtry- Bertemu lagi dengan saya si nubi no 1 di Indonesia. Buat sobat sekalian yang sudah memasuki tahap akhir prakerin atau magang pastinya di tuntut untuk membuat laporan mengenai prakerin itu sendiri dan juga apa hal-hal yang di kerjakan saat prakerin berlangsung. 

Saya dulu jurusan TKJ dan melakukan magang kerja di Universitas Kanjuruhan Malang atau di kenal dengan UNIKAMA. Dulu saya hanya magang selama 3 bulan saja, waktu ini cukup singkat jika di bandingkan dengan sekolah lainya, dulu teman saya di sana ada yang waktu magangnya hingga 1 tahun loh, di tempat magang sendiri, apalagi di universitas pastinya ada banyak waktu senggang yang dapat kita gunakan untuk belajar hal-hal yang bermanfaat.

Untuk TKJ saya di tempatkan di unit Management Information System(MIS), saya masuk ke team IT Suport yang ikut membantu jikalau ada masalah pada unit lainya, biasanya masalahnya berhubungan dengan Network, Kompter, Printer DLL.

Bagian-bagian Laporan

Jika sobat kebetulan juga melaksanakan kegiatan PRAKERIN di universitas nah artikel ini cocok banget nih gan soalnya saya akan bahas sedikit mengenai isi dari laporan yang saya buat. Adapun isinya sebenarnya hanya terdiri dari 3 bagian yaitu :
  1. Sampul, berisi mengenai informasi judul dari laporan yang telaah sobat buat, pastikan informasi yang tercantum jelas dan mudah di fahami, pastikan ada logo nya juga ya.
  2. Daftar Isi dan Kata Pengantar, nah untuk bagian daftar isi pasti kalian sudah tau ya dan yang akan sedikit saya kulik adalah kata pengantar dan juga ttd pembimbing di tempat prakerin. Untuk pengisiatan Tanda Tangan (TTD) di isi ketika isi laporan kalian sudah benar dan tidak ada kesalahan.
  3. Isi laporan, nah ini bagian yang cukup penting karena berisi mengenai kegiatanmu selama ada di tempat kerja, sertakan foto, bab, sub bab, halaman dll untuk menunjang Isi Laporan agar mudah di fahami oleh orang lain.

Banyak ilmu yang saya dapat dari tempat prakerin lho, so kalian juga harus aktif untuk bertanya jika kalian bingung akan sesuatu hal so pasti akan di jawab deh oleh kakak-kak pembimbing yang baik.
Laporan prakerin sendiri biasanya sudah di tentukan oleh masing-masing sekolah dan kita tinggal menyusun dan mengisi sesuai hal-hal di tempat prakerin kita tapi tidak jarang juga kita di suruh untuk membuat sendiri dari awal, so tenang saja kok saya akan membagi nih contoh laporan yang dulu pernah saya buat. Berikut contoh laporan PKL Teknik Komputer dan Jaringan.


Ya walaupun tidak semua tempat disibukkan dengan pekerjaan setidaknya kita jadi tahu akan dunia kerja yang nantinya akan kita tuju. Semoga laporan tersebut dapat menjadi contoh dan bermanfaat bagi kamu ya, jangan lupa share ke temanmu agar bisa sama-sama selesai buat laporanya wkwk tinggal copy paste haha. 

Tips

Tips dari saya yaitu persiapkan laporan prakerin di awal bulan kamu masuk, kamu bisa mencicil nya sedikit demi sedikit, hal ini supaya kamu tidak terburu-buru saat pembuatan laporan sehingga meminimalisir kesalahan hingga perlu untuk mencetak ulang yang itu hanya buang-buang uang saja. Minta atau tanya kepada guru kalian format yang akan digunakan untuk pembuatan laporan agar nanti tidak ada kekeliruan saat hari H penilaian. Sekian postingan dari Mualtry.com terima kasih telah berkunjung.


password ZIP: rasencore
Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain
Comment Poster
Bisa sebagai referensi