Mualtry- Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena data tantangan tidak terlihat melalui internet publik. Periksa penyiapan DNS Anda. Operasi akan dicoba ulang sebentar lagi atau Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena penerbitanya dilarang oleh data CAA DNS ekplisitApa kalian pernah menemui masalah tersebuat saat kalian mau menghubungkan domain dengan website mu, nah kebetulan seklai nih soalnya saya juga pernah menemui masalah yang sama dan tips dari saya ini pastinya akan bermanfaat bagi sobat sekalian.

Sebenarnya untuk masalah ini sudah ramai di bahas di forum google namun belum ada kejelasan mengenai masalah apa yang sebenarnya terjadi, disini saya merekomendasikan salah satu linkmengenai masalah ini HTTPS SSL Certificate failed to be processed as the issuance was forbidden by an explicit DNS CAA


Menurut saya masalah tersebut muncul karena ada perbedaan atau perubahan konfigurasi entah dari pihak google (blogger) maupun pihak hosting. Hal ini terkait dengan konfigurasi CAA Certification Authority Authorization pada hosting domain dan pada tips kali ini saya melakukan beberapa konfigurasi tambahan pada situs penyedia domain saya, Langsung ikuti tutorialnya dibawah ya

Namun cara ini tidak akan berfungsi apabila pada konfigurasi CAA di DNS sobat sudah terisi dengan letsencrypt.org dan apabila sudah terisi cara di bawah tidak akan berguna.

1. Pertama kalian sudah harus menghubungkan situs blogger anda dengan domain, Untuk tutorialnya lengkapnya bisa cek Cara mengbungkan situs website dengan Domain

2. Nah pada masalah yang kita bahas kali ini akan muncul apabila kita mengaktifkan menu HTTPS seperti gambar artikel ini, saat masalah muncul langsung menuju situs penyedia domain anda.

3. Masuk ke menu kelola

4. Lanjut ke menu DNS Zone dan cari konfigurasi CAA

5. Tambahkan konfigurasi 0 issuewild "letsencrypt.org"  0 issue "letsencrypt.org" 0 issuewild "pki.goog" 0 issue "pki.goog" sesuai dengan contoh gambar dibawah, untuk bagian nama gunakan @ dan bagian TTL biarkan default aja

6. Nah tunggu sekitar 2 menit lalu coba aktifkan kembali pengaturan HTTPS pada settingan di blogger mu, pasti bisa kan dan jangan lupa mengaktifkan juga alihkan example.com ke www.example.com untuk meminimalisasi erorr pada saat mengakses website.

Misalkan masih tidak bisa untuk mengaktifkan HTTPS nya coba hapus dulu domain pihak ke 3 nya lalu refresh page blogger, coba atur kembali dengan memasukkan url pihak ke 3 mu lagi dengan format example.com lalu selesai, tunggu beberapa saat dan pastikan juga konfigurasi HTTPS menjadi masih di proses seperti gambar dibawah. Selanjutnya tinggal tunggu waktu aja. Setelah berhasi langkah terakhir yaitu sesuai nomor 6 ya

Pernah saya coba dengan tutorial di atas namu belum juga berhasil dan saya pun mengulanginya dari awal dan alhamdulillah berhasil, intinya kalau tetep tidak bisa ulangi konfigurasi DNS pada penyedia domain mu dan juga konfigurasi domain pada blogger.



Nah begitu tutorial nya gan, Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena penerbitannya dilarang oleh data CAA DNS eksplisit di tandai juga dengan menculnya pesan Connection Timeout pada saat kita mengakses website dari perangkat perangkat tertentu. Semoga tutorial kali ini dapat membantu agan semuanya dan tetap semangat dalam membagikan informasi yang bermanfaat ya. Jangan lupa komentarnya dan juga share ya.

7Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

  1. Setelah mencarinya di pencarian saya menemukan caranya di netjatim.com. Kebetulan saya baru mengaktifkan domain dan mengalami masalah seperti. Terima kasih, Bang infonya.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terkadang perlu di ulang beberapa kali namun kalau semisal masih tidak bisa berarti kurang cocok untuk hosting agan.

      Hapus
  3. Akhirnya ketemu caranya disini, kebetulan pakai hostinger juga.. mantap...

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya