Mualtry- Buat kalian yang saat ini sedang belajar akan sesuatu hal atau materi baru dan bahkan sobat sebelumnya belum pernah mengenal materi tersebut, bisa di bilang baru pertama kali belajar hal tersebut. Kita perlu mencari bagaimana sih cara belajar materi baru dengan efisien, menurut saya ada banyak caranya namun mana yang cocok dengan sobat yang bisa menentukan adalah sobat sendiri dan disini saya akan memberikan pengalaman saya yang sudah membantu saya belajar mulai dari nol loh sobat.
     Ada kalanya sesuatu yang kita pelajari itu kurang menjadi minat kita namun semua yang kita pelajari jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh pastinya hasil tidak akan mengecewakan kita loh, yuk langsung aja kita bahas di bawah

Tentukan Tujuan Kita Belajar

     Ada kalanya saat kita belajar kita bingung kok saya belajar hal yang saya kurang sukai ya, kenapa saya belajar ini. Nah sobat perlu menentukan alasan atau tujuan sobat belajar itu tuh untuk apa, misalkan saya ingin membuat suatu aplikasi android yang bermanfaat bagi banyak orang, nah apa syaratnya yaitu saya harus mempelajari bahasa pemrograman android dong atau apa saja mengenai aplikasi android, jika dalam keadaan tertentu kalian menjadi kurang semangat nah kalian perlu mengingat kembali tujuan utama kalian tadi yaitu "saya ingin membuat suatu aplikasi android yang bermanfaat bagi banyak orang".
     Dengan begitu secara tidak langsung semangat sobat untuk belajar akan meningkat, jika perlu tulis dan tempel di dinding kamar agar sobat setiap hari melihat tujuan mulia dari sobat yang belum tercapai.

Apa Yang Harus Saya Pelajari

     Jika sobat sedang belajar usahakan jangan muluk-muluk ingin belajar semua materi sekaligus, boleh-boleh saja namun akan lebh efektif jika melakukanya secara bertahap mulai dari sesuatu hal yang dasar, bisa saja pemahaman mengenai sejarahnya, manfaat, macam-macam nya serta hal-hal yang berhubungan dengan materi yang ingin sobat pelajari. Dengan begitu pasti sobat akan mempunya pandangan ini lo yang harus saya pelajari terlebih dahulu dan tidak, dengan adanya kesadaran tersebut belajar jadi lebih efisien kan.

Sumber Belajar Yang Baik

     Nah dengan kita menemukan sumber belajar yang sesuai dengan materi yang kita pelajari maka tentunya kita jadi bisa menentukan apa sih yang harus saya pelajari terlebih dahulu, saat ini ada banyak sumber belajar seperti perpustakaan, google, youtube, guru pengajar dan masih banyak lagi. Sobat juga bisa masuk ke komunitas yang sesuai dengan apa yang sobat pelajari saat ini, sudah banyak juga kok di socmed seperti facebook dimana banyak grup dan juga komunitas yang bergelut di bidang yang sobat pelajari saat ini lho. Sobat jadi punya teman banyak yang mempelajari hal atau materi yang sama jadi sobat tidak perlu kesepian lagi deh.

Semangat Belajar Harus Tinggi

     Ini faktor yang cukup penting juga karena dengan semangat yang tinggi dimanapun kita belajar dan apa yang kita pelajari pasti akan membuahkan hasil, jangan minder dengan keberhasilan orang lain yang mungkin jalanya berbeda denganmu, walaupun jalan yang kamu lalui cukup terjal dengan semangat yang tinggi pasti sobat akan meraih kesuksesan kelak, tentunya sesuatu yang didapat dan dimulai dari bawah pasti akan terasa berbeda dengan sesuatu yang di peroleh secara instant bukan, oh iya berdasarkan pengalaman saya jika kita sudah biasa belajar dengan mandiri pasti tidak akan sulit untuk belajar hal atau materi baru lainya lho, jadi tetap semangat ya.

Untuk Siapa Aku Belajar

     Untuk menumbuhkan semangat belajar kita perlu membuat alasan yang bisa menumbuhkan semangat kita, salah satunya untuk siapa sih saya belajar ini, bisa untuk kebahagiaan orang lain, status, jabatan, uang, bahkan bisa juga untuk kesenagan diri sendiri lho. Seperti contoh di atas saya belajar materi ini agar kelak bisa bermanfaat bagi orang lain. Dengan bermanfaat secara tidak langsung akan menarik juga hal-hal yang menguntungkan lainya seperti uang, jabatan, status dan kita jadi lebih terkenal. Jadi jangan lupa kalau lagi kurang semngat ingat kembali tujuan dan juga untuk siapa saya belajar.

Tetap Optimis dan Jangan Buru-Buru

     Saat orang lain ada yang lebih sukses dari kita, kita harus tetap optimis dan jangan minder akan keberhasilan orang lain, tetap fokus akan hal yang kita pelajari karena yakinilah jalan setiap orang itu beda-beda dan kalau jalanmu tidak semulus orang lain percayalah bahwa tuhan mempunyai rencana lain akan kesuksesanmu. Tetap jalani saja dan jadikan kesuksesan orang lain itu sebagai penyemangatmu, bahwa jika dia bisa mengapa saya tidak.

     Nah sobat tips di atas merupakan pengalaman dari yang saya alami dan tentunya kembali ke diri sobat masing-masing, belajar itu tidak ada habis nya dan otak itu merupakan wadah yang tidak bisa penuh jadi selagi kita bisa belajar, pelajarilah semua hal yang bermanfaat bagi dirimu dan juga orang lain, jangan lupa tinggalkan komentar sobat jika mempunyai kendala atau hal yang ingin di sampaikan, ingat ya sobat itu tidak sendirian kan masih ada saya:). Semoga bermanfaat dan terima kasih.

1Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Posting Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya