VSFTPD & ProFTPD Full Instalation

Mualtry- Selamat atang di website saya, kali ini kita akan membahas beberapa package FTP, yang akan kita bahas hari ini adalah VSFTPD dan ProFTPD. FTP itu sendiri merupakan singkatan dari File Transfre Protocol yang secara singkat fungsinya untuk pertukaran data antara server dan client, namun untuk FTP sebenarnya ada cara yang cukup mudah dengan menggunakan akun SSH saja namun kali ini kita akan menggunakan 2 package tersebut.
Mualtry
Mualtry- Selamat atang di website saya, kali ini kita akan membahas beberapa package FTP, yang akan kita bahas hari ini adalah VSFTPD dan ProFTPD. FTP itu sendiri merupakan singkatan dari File Transfre Protocol yang secara singkat fungsinya untuk pertukaran data antara server dan client, namun untuk FTP sebenarnya ada cara yang cukup mudah dengan menggunakan akun SSH saja namun kali ini kita akan menggunakan 2 package tersebut.

ProFTPD (kependekan dari daemon Pro FTP ) adalah server FTP. ProFTPD adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka , kompatibel dengan sistem mirip Unix dan Microsoft Windows (via Cygwin ). Bersamaan dengan vsftpd dan Pure-FTPd , ProFTPD adalah salah satu server FTP paling populer di lingkungan seperti Unix saat ini. Dibandingkan dengan mereka, yang fokus misalnya pada kesederhanaan, kecepatan atau keamanan, tujuan utama desain ProFTPD adalah menjadi server FTP yang sangat kaya fitur, memperlihatkan sejumlah besar opsi konfigurasi kepada pengguna.

VSFTPD stands for "Very Secure FTP Daemon" is a GPL licensed FTP server for UNIX systems. It is licensed under the GNU General Public License. It supports IPv6 and SSL. vsftpd supports explicit (since 2.0.0) and implicit (since 2.1.0) FTPS. vsftpd is the default FTP server in the Ubuntu, CentOS, Fedora, NimbleX, Slackware and RHEL Linux distributions. It is secure and extremely fast. It is stable. VSFTPD is a mature and trusted solution which supports virtual users with PAM (pluggable authentication modules). A virtual user is a user login which does not exist as a real login on the system in /etc/passwd and /etc/shadow file. Virtual users can therefore be more secure than real users, because a compromised account can only use the FTP server but cannot login to system to use other services such as SSH or SMTP.

Dari pengertian di atas saya simpulkan ProFTPD merupakan versi biasa dari FTP sedangkan VSFTPD merupakan versi secure dari FTP dimana lebih aman, namu keamanan itu tergantung dari admin yang mengoprasikanya. Langsung saja untuk cara install dari masing-masing package FTP tersebut ada di bawah ini.

FTP : Install Vsftpd

Install Vsftpd to configure FTP server to transfer files.
[1] Install Vsftpd.
root@www:~# apt -y install vsftpd

root@www:~# vi /etc/vsftpd.conf

  # line 31: uncomment
  write_enable=YES

  # line 99,100: uncomment ( allow ascii mode transfer )
  ascii_upload_enable=YES
  ascii_download_enable=YES

  # line 122: uncomment ( enable chroot )
  chroot_local_user=YES

  # line 123: uncomment ( enable chroot list )
  chroot_list_enable=YES

  # line 125: uncomment ( enable chroot list )
  chroot_list_file=/etc/vsftpd.chroot_list

  # line 131: uncomment
  ls_recurse_enable=YES

  # add to the end : specify chroot directory
  # if not specified, users' home directory equals FTP home directory
  local_root=public_html

  # turn off seccomp filter if cannot login normally
  seccomp_sandbox=NO

root@www:~# vi /etc/vsftpd.chroot_list

  # add users you allow to move over their home directory
  debian

root@www:~# systemctl restart vsftpd

FTP : Install ProFTPD Install ProFTPD to configure FTP server to transfer files.
[1] Install ProFTPD.
root@www:~# apt -y install proftpd

root@www:~# vi /etc/proftpd/proftpd.conf

  # line 11: turn off if not need IPv6
  UseIPv6 off

  # line 15: change to your hostname
  ServerName "www.srv.world"

  # line 36: uncomment ( specify root directory for chroot )
  DefaultRoot ~

  root@www:~# vi /etc/ftpusers

  # add users you prohibit FTP connection
  test

root@www:~# systemctl restart proftpd

Untuk konfigurasi lebih lengkapnya biasanya sobat bisa cari file .Conf yang berisi mengenai beberapa konfigurasi yang berhubungan dengan package tersebut, itu semua tergantung kreasi dari sobat masing-masing. Oh iya selanjutnya akan saya share juga mengenai akses FTP secara simple menggunakan SSH dengan alat tambahan pada client menggunakan WINSCP atau aplikasi lainya. Terima kasih telah berkunjung sampai jumpa lagi di mualtry.com ya.
Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain