GoPay Vs LinkAja Manakah yang paling bagus

Hai sobat mualtry, pastinya sobat pernah menggunakan atau mengetahui mengenai beberapa perusahaan E-Money di indonesia seperti Gopay, LinkAja, OVO, Dana dll. Dengan adanya perusahaan E-money tersebut kegiatan kita sehari-hari jadi lebih terbantu seperti membayar tagihan, belanja online dan masih banyak yang lainya. Sebelum saya akan menuliskan mengenai pengertian dan ciri-ciri dari E-Money atau uang elektronik.
Mualtry
Hai sobat mualtry, pastinya sobat pernah menggunakan atau mengetahui mengenai beberapa perusahaan E-Money di indonesia seperti Gopay, LinkAja, OVO, Dana dll. Dengan adanya perusahaan E-money tersebut kegiatan kita sehari-hari jadi lebih terbantu seperti membayar tagihan, belanja online dan masih banyak yang lainya. Sebelum saya akan menuliskan mengenai pengertian dan ciri-ciri dari E-Money atau uang elektronik.

Pengertian Uang Elektronik

Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik.

Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Media tersebut dapat berupa server atau chip. Server Based merupakan Uang Elektronik dengan media penyimpanan berupa server, sedangkan Chip Based merupakan Uang Elektronik dengan media penyimpanan berupa chip. Nilai uang elektronik akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. Uang elektronik dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon.

Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi, penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil. Satu kesuksesan yang jarang adalah kartu Octopus Hong Kong, yang dimulai sebagai sistem pembayaran transit dan telah tumbuh menjadi sistem uang kas yang banyak digunakan umum. Sukses lainnya adalah jaringan Interac Kanada, yang pada tahun 2000, telah melewati pembayaran uang tunai dalam bidang retail di Kanada

Ciri-ciri Uang Elektronik

Sebagai instrumen pembayaran, uang elektronik memiliki kriteria sebagai berikut: 
  1. Diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit;
  2. Nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip;
  3. Digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut; dan
  4. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan GoPay :
  • Merupakan perusahaan E-Money pertama yang Booming di indonesia
  • Bisa digunakan untuk aplikasi Gojek, Gofood, Goclean serta pembayaran online
  • Banyak promo yang bisa didapat
  • Sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan dalam industri game
  • Transaksi 24 jam dll
Kekurangan Gopay :
  • Aplikasi jadi satu dengan Gojek
  • Dengan banyaknya kelebihan di atas menurut saya pribadi kekurangan dari Gopay sendiri jadi tertutupi.
Kelebihan LinkAja :
  • E-Money milik pemerintah indonesia
  • Mempunyai promo khusus untuk pembayaran di instansi pemerintah seperti telekomunikasi, asuransi, transportasi dll
  • Di dukung oleh perusahaan telekomunikasi pemerintah yaitu Telkomsel
  • Mudah dalam penggunaanya, user Friendly
Kekurangan LinkAja :
  • Termasuk perusahaan baru dalam bidang E-Money
  • Kurangnya kerja sama dengan perusahaan game
  • Jarang ada promo menarik
  • Jumlah transaksi yang lebih sedikit di bandingkan dengan Gopay
Dari kelebihan yang di tawarkan masing-masing perusahaan di atas saya pribadi sebagai konsumen tinggal memilih mana sih yang promo nya paling menarik, jadi saya memutuskan untuk memakai semuanya. Untuk Gopay saya gunakan untuk order GoFood, Gojek dan beli voucher game karena pembayaran melalui Gopay jauh lebih murah daripada LinkAja.

LinkAja biasa saya gunakan untuk mengisi pulsa dan membayar tagihan bulanan seperti nternet, listrik, BPJS dll namun terkadang saya lihat-lihat lagi tergantung promo mana yang lebih menarik(konsumen mah bebas sobat) tinggal kita harus pintar untuk memilih sesuai kondisi yang paling baik.

Persamaan Gopay dan LinkAja

Selain kelebihan dan kekurangan dari masing-masing vendor tersebut terdapat persamaan yang kebanyakan terletak pada kelebihanya antara lain :
  • Traksaksi Full 24 Jam
  • Suport pembayaran tagihan bulanan seperti Listrik, PDAM, BPJS, Internet dll
  • Mempunyai limit saldo dan transaksi, untuk menambah limit saldo kita di wajibkan untuk mengupgrade akun menjadi premium dengan persyaratan yang telah di tentukan. Hal ini menghindari penyalahgunaan akun
  • Suport bank lokal Indonesia
  • Mudah untuk digunakan(User Friendly)
  • Dapat menggunakan nomor HP sebagai patokan akun.
  • Tidak di kenakan biaya bulanan 
  • Dan masih banyak lagi
Gimana sobat, kira-kira sobat pilih mana nih antara kedua vendor tersebut. Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan yang cukup banyak hingga nyaris tidak ada kekurangan yang terlihat. Sekian artikel daari saya semoga bermanfaat salam dari Mualtry.com jangan lupa untuk share dan tulis komentarmu ya mengenai artikel ini terima kasih banyak.

Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain