Pengertian NetInstall

Mualtry - NetInstall adalah salah satu metode hard reset atau flash ulang Mikrotik Router OS. Semua data yang ada pada mikrotik akan hilang, sebaiknya sobat harus rutin mencadangkan file konfigurasi agar jika ada kendala router hang atau kondisi yang di perlukan dilakukanya NetInstall. Cara reset router Mikrotik sendiri sebenarnya ada 3 cara yaitu :

  1. Melalui System winbox, jika kondisi mikrotik tidak ada masalah dan masih bisa di akses saran dari saya jika ingin melakukan reset router yaitu dengan metode ini, caranya cukup mudah yaitu :
    - Masuk ke Router OS mikrotik dengan aplikasi winbox yang dapat di download di sini
    - Setelah masuk, buka menu System > Configuration > Reset Configuration
    - Tunggu beberapa saat hingga Mikrotik hidup kembali
  2. Melalui Tombol Reset, cara kedua untuk sobat yang tidak dapat masuk ke dalam Router OS menggunakan winbox, caranya yaitu :
    - Lepas kabel powernya
    - Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dalam kondisi tombol reset masih ditekan
    - Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkedip dan lepaskan tombol reset lalu biarkan saja mikrotik akan boot ulang.
    - Coba cek login dengan Winbox dan siap di konfigurasi ulang, dan jangan lupa hapus configurasi bawaan mikrotik supara settingan baru tidak bentrok.
  3. Melalui NetInstall yang akan saya jelaskan di bawah.

Penyebab Dilakukanya NetInstall

Dari beberapa penjelasan di atas tentunya sobat mempunya pandangan kenapa si kita harus melakukan NetInstall dan bukan cara lainya, nah jika kita tidak bisa mengakses Mikrotik Router OS dan juga tidak bisa melakukan Reset melalui tombol reset maka jalan terakhir adalah menggunakan NetInstall

Selain digunakan untuk melakukan reset karena rusak, NetInstall sendiri juga dipakai untuk upgrade maupun downgrade versi OS secara Offline, dan semua fitur ini di sediakan oleh Mikrotik secara gratis. Berikut beberapa penyebab dilakukanya NetInstall yaitu :

  1. Mikrotik Hang
  2. Downgrade Mikrotik Router OS
  3. Upgrade Mikrotik Router OS
  4. File System Mikrotik hilang
  5. Masalah pada Router OS yang tiba-tiba muncul

Cara Melakukan NetInstall Mikrotik

Sebelum melakukan NetInstall pastikan semua bahan sudah siap, berikut beberapa bahan dan alat yang perlu sobat persiapkan sebelum mengikuti tutorial kali ini yaitu :

  1. Komputer / Laptop
  2. Kabel LAN
  3. Mikrotik yang akan di eksekusi
  4. Peniti untuk menekan tombol reset
  5. Software NetInstall yang sobat dapat download disini
  6. Mikrotik Router OS (link sama dengan no 5), sedikit penjelasan untuk versi OS mikrotik, download Main Package dan sesuaikan dengan jenis CPU router sobat, disini ada beberapa pilihan seperti ARM, ARM64, MIPSBE, MMIPS, SMIPS, TILE, PPC, X86, sobat dapat mengeceknya pada stiker yang berada di bawah Router Mikrotik sobat.

Setelah semua File dan bahan yang diperlukan sudah siap kita lanjut ke proses NetInstall yang akan di jelaskan di bawah

  1. Buka aplikasi NetInstall lalu masuk pada menu Net Booting, konfigurasi IP Address pada Net Booting dan juga Komputer sobat, pastikan berada pada 1 Network dengan IP yang berbeda, contoh di bawah
  2. Langkah kedua arahkan folder From  ke tempat file Mikrotik Router OS yang sobat download
  3. Ketiga cabut kabel power Mikrotik lalu gunakan peniti untuk menekan tombol Reset pada Mikrotik
  4. Tekan dan tahan tombol reset lalu colokkan kabel Power ke mikrotik.
  5. Lampu Indikator ACT (terkadang beda mikrotik beda nama) akan berkedip lalu berhenti dan mati, saat Indikator ACT sudah mati sobat lepaskan tombol reset pada mikrotik.
  6. (Note) Jika sobat masih bisa masuk ke Router OS, NetInstall dapat dilakukan pada menu System > RouterBOARD > Setting > pilih try-ethernet-once-then-nand > lalu Reboot Router
    jadi kita tidak perlu menggunakan tombol reset untuk masuk ke menu NetInstall
  7.  Aplikasi NetInstall akan muncul device router sobat
  8. Pilih Device dan juga versi Router OS yang akan sobat install pada menu From di bawah, Berikut contoh gambar yang saya dapat di internet
  9. Lalu tekan Install, tunggu hingga loading selesai dan Mikrotik Router akan booting kembali.

Dengan demikian tutorial berhasil di lakukan, oh iya ini sedikit tips dari saya yaitu jangan sering melakukan NetInstall di karenakan akan meningkatkan kemungkinan munculnya Bad Block pada mikrotik sobat, untuk mengecek Bad Block sobat dapat menggunakan aplikasi winbox lalu masuk ke menu System > Resources, usahakan presentase Bad Block <=0% dan jika semakin besar maka akan berpengaruh ke performa dari Mikrotik itu sendiri. 

Berikut sedikit pembahasan mengenai NetInstall pada Mikrotik, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

0Komentar

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya