Fix freeze dan ghost touch saat main game

Ghost touch sendiri adalah suatu kondisi dimana touchscreen pada HP kita terjadi sentuhan atau penekanan padahal kita dalam posisi diam tanpa ada sent
Mualtry


Apa itu Ghost Touch, Freeze dan Frame Drop

Mualtry - Hai sobat mungkin kalian pernah mengalami saat bermain game yang menggunakan analog tiba-tiba control kalian terlepas sendiri atau tiba-tiba mencet sendiri dan gerak sendiri, nah kali ini admin akan share info solusi buat masalah tersebut kali aja work di HP kalian.

Ghost touch sendiri adalah suatu kondisi dimana touchscreen pada HP kita terjadi sentuhan atau penekanan padahal kita dalam posisi diam tanpa ada sentuhan ke touchscreen HP, kondisi ini sangatlah menjengkelkan apalagi saat kita bermain sebuat game dan pada posisi seru, kan lucu jadinya kalau karakter kita bergerak maju sendiri sehingga menjadi beban tim. 

Freeze adalah kondisi dimana sistim di HP sobat berhenti seketika atau macet dan tidak bisa di apa-apakan, biasanya karena cache yang menumpuk sehingga RAM menjadi penuh dan menimbulkan Frame drop hingga Freeze.

Frame Drop adalah suatu kondisi dimana grafik menjadi patah-patah dikarenakan performance yang kurang untuk mengikuti setting dari game sobat. Gunakan setting grafik sesuai dengan kelancaran atau kecocokan antara game dengan HP sobat.

Hal tersebut mempunyai alasan dan bisa di atasi atau di hindari sehingga memperkecil resiko adanya ghost touch saat bermain game.

Penyebab Ghost Touch, Freeze dan Frame Drop

Kejadian ini bisa disebabkan dari segi software maupun hardwarenya, sobat jangan buru-buru ganti touchscreen HP siapa tahu hal tersebut dapat di perbaiki sendiri dan ternyata hanya karena hal sepele, lumayan untuk menghemat anggaran pengeluaran tahunan hehe.

  • Pertama pastikan sinyal atau jaringan kalian bagus, saat posisi kalian susah untuk mendapatkan signal maka HP akan bekerja lebih keras sehingga menimbulkan peningkatan CPU dan menyebabkan panas. 
  • Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang HP kalian, hal ini tentunya berefek pada naiknya penggunaan RAM android kalian.
  •  Posisi dalam keadaan charging atau sedang di cas, pastikan sobat hanya bermain  saat posisi baterai full atau sedang tidak di cas karena pengecasan dan penggunaan secara bersamaan akan memperpendek umur baterai kalian dan juga menimbulkan panas berlebih.
  •  Terdapat bug pada firmware HP kalian, kadang ada juga posisi dimana HP spek dewa namun kadang ada kendala seperti patah, frame drop, panas berlebih dan lain sebagainya
  •  Terdapat ketidakcocokan update game dengan sistim android kalian, dalam sebuat game tentunya ada batas minimum spesifikasi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Sobat setidaknya harus di atas spesifikasi yang di tunjukkan agar lancar dan tidak berat 
  • Grafik yang terlalu tinggi sehingga meyebabkan CPU meningkat dan HP menjadi panas


 


Solusi Ghost Touch, Freeze dan Frame Drop

Sebelum ke langkah terakhir yaitu ganti device ada beberapa solusi untuk meminimalisir kejadian ini, tentunya sobat jangan memaksakan juga karena dapat berefek pada munulnya emosi saat bermain game sehingga HP yang jadi korban dan muncul penyesalan di kemudian hari, simak beberapa tips di bawah

  • Pastikan spesifikasi HP mu cukup mumpuni untuk menjalankan game yang kamu mainkan, bayangin aja semisal saya pake HP nokia jadul buat main game PUBG, Mobile Legend, Free Fire pastinya lancar sangat ya hehe, disini kita belajar untuk menerima apa adanya dan jangan memaksakan spesifikasi HP untuk bermain game yang berat, pilihlah game yang lancar kamu mainkan di HP mu. 
  • Pastikan update informasi mengenai Patch baik  dalam sisi game maupun firmware HP sobat, bisa di lihat di changelog atau forum official informasi atau kondisi apakah sama dengan para pengguna lainya.
  • Sobat bisa cek kondisi touchscreen dengan dial khusus, bisa di cari di google untuk cara-carany
  • Pastikan kondisi signal yang kamu gunakan lancar, saya sarankan menggunakan Wifi karena beban jaringan akan di tanggung oleh perangkat wifi sehingga mengurangi load atau beban pada HP kalian.
  • Pastikan sobat bermain dengan kondisi baterai di atas 15% agar performa bisa tetap terjaga dan jangan bermain dalam posisi HP sedang di cas 
  • Jika touchscreen sobat mengalami kerusakan segeralah ganti dengan yang baru, saya sarankan untuk memilih touchscreen yang original karena sudah terjamin kualitas nya.
  • Turunkan kualitas di setting game sobat, sesuaikan dengan kekuatan atau kelancaran HP sobat jika sudah mentok rata kiri dan masih terjadi kendala solusinya hanya satu yaitu upgrade HP 
  • Menggunakan fan cooler HP atau bisa berada pada ruangan ber AC untuk menurunkan suhu dari HP sobat karena suhu yang tinggi pasti menurunkan performa dari device yang sobat gunakan
  • Solusi terakhir sobat dapat membeli HP baru dengan kualitas yang lebih bagus, ada kalanya HP sudah capek dan sudah saatnya pensiun
Nah cara di atas cukup efektif bukan, apalagi cara yang terakhir pasti bisa mengatasi masalah sobat sekalian dan saya berani menjamin kok :D sekian post dari saya jangan lupa share agar banyak yang tahu solusi bagus ini, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain
Comment Poster
Mungkin perlu lembiru juga