Netjatim - Apa sobat pernah bingung dengan cara kerja tracking dalam gangguan di jaringan, kali ini saya akan membahas mengenai cara mencari gangguan pada jaringan dengan menggunakan metode tracking.
Tracking sendiri merupakan utilitas yang disediakan untuk mengetahui jalur yang dilalui data hingga ke server yang kita tuju, dalam OS windows kita bisa menggunakan tracert example.com atau tracert IP_yang_dituju sedangkan dalam OS linux kita bisa menggnakan perintah traceroute example.com atau traceroute IP_yang_dituju. Dengan begitu nanti akan ketahuan apabila data tidak sampai maka akan diketahui alamat IP terakhir yang dilalui data yang kita kirim. Untuk caranya kali ini saya cukup mengupload cara enjalankan tracer padaa windows dan untuk OS linux caranya sama tinggal mengubah kata tracert menjadi traceroute.

Cara menggunakan utilitas TRACERT

Utilitas diagnosis TRACERT menentukan rute ke tujuan dengan mengirim paket gema protokol pesan kontrol Internet (ICMP) untuk tujuan. Dalam paket ini, TRACERT menggunakan nilai IP Time To Live (TTL) yang berbeda-beda. Karena setiap perute ke jalur yang diperlukan untuk menurunkan paket TTL oleh setidaknya 1 sebelum meneruskan paket, TTL secara efektif penghitung hop. Saat TTL pada paket mencapai nol (0), router mengirim ICMP pesan "Melebihi Waktu" kembali ke komputer sumber. 
Contoh gambar penggunaan TRACERT
TRACERT mengirim paket gema pertama dengan TTL 1 dan kenaikan TTL 1 di masing-masing transmisi berikutnya, hingga tujuan merespons atau TTL maksimum tercapai. Pesan ICMP "Melebihi waktu" bahwa router intermediate mengirimkan kembali tampilkan rute. Namun ingat bahwa beberapa perute diam-diam menjatuhkan paket yang telah kedaluwarsa TTLs, dan paket ini tidak terlihat di TRACERT. TRACERT mencetak daftar perute menengah yang mengembalikan ICMP pesan "Melebihi Waktu". Menggunakan opsi -d dengan perintah tracert memerintahkan TRACERT untuk tidak melakukan pencarian DNS di alamat IP masing-masing, sehingga TRACERT melaporkan alamat IP antarmuka di samping router. 

Dalam contoh berikut perintah tracert dan output, paket perjalanan melalui dua perute (157.54.48.1 dan 11.1.0.67) untuk mendapatkan menjadi host 11.1.0.1. Dalam contoh ini, gerbang default adalah 157.54.48.1 dan alamat IP router di 11.1.0.0 jaringan adalah 11.1.0.67.The perintah:
C:\ > tracert 11.1.0.1
Output dari perintah:
Tracing route to 11.1.0.1 over a maximum of 30 hops   ---------------------------------------------------   1      2 ms       3 ms       2 ms      157.54.48.1   2     75 ms      83 ms      88 ms      11.1.0.67   3     73 ms      79 ms      93 ms      11.1.0.1   Trace complete. 

Cara menggunakan TRACERT untuk memecahkan masalah

Anda dapat menggunakan TRACERT untuk mengetahui di mana paket berhenti di jaringan. Dalam contoh berikut, default gateway telah menemukan bahwa ada jalur tidak berlaku untuk host pada 22.110.0.1. Kemungkinan, baik perute memiliki masalah konfigurasi, atau 22.110.0.0 jaringan tidak ada, mencerminkan alamat IP yang buruk. Perintah:
C:\ > tracert 22.110.0.1
Output dari perintah:
Tracing route to 22.110.0.1 over a maximum of 30 hops   -----------------------------------------------------   1  157.54.48.1  reports: Destination net unreachable.   Trace complete. 
TRACERT ini berguna untuk pemecahan masalah jaringan besar yang mana beberapa lintasan dapat mengarah ke titik yang sama atau banyak komponen menengah (perute atau jembatan) yang terlibat.

Cara menggunakan Opsi TRACERT

Ada beberapa opsi baris perintah yang dapat Anda gunakan dengan TRACERT, meskipun opsi tidak biasanya diperlukan untuk pemecahan masalah standar. Contoh sintaks perintah berikut menampilkan semua pilihan yang memungkinkan:
tracert -d -h maximum_hops -j Daftar host - w timeout target_host
Parameter apa:
-d       Specifies to not resolve addresses to host names   -h maximum_hops      Specifies the maximum number of hops to search for the target   -j host-list      Specifies loose source route along the host-list   -w timeout      Waits the number of milliseconds specified by timeout for each      reply   target_host      Specifies the name or IP address of the target host 

0Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya