Fungsi admin pada jaringan komputer

Dalam perusahaan besar biasanya administrasi jaringan sangatlah dibutuhkan. Hal ini terjadi karena dalam perusahaan besar terdapat data-data perusahaan yang sangat penting, oleh karena itu diperlukannya administrasi jaringan untuk mengamankan data-data tersebut. Administrasi jaringan dikerjakan oleh seorang administrator, adapun tugas-tugas dari administrator jaringan adalah sebagai berikut:
Mualtry
Mualtry - Administrasi Jaringan Komputer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. 

Dalam perusahaan besar biasanya administrasi jaringan sangatlah dibutuhkan. Hal ini terjadi karena dalam perusahaan besar terdapat data-data perusahaan yang sangat penting, oleh karena itu diperlukannya administrasi jaringan untuk mengamankan data-data tersebut.
Administrasi jaringan dikerjakan oleh seorang administrator, adapun tugas-tugas dari administrator jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Menginstall dan Mengkonfigurasi Server Tugas utama dari administrator jaringan adalah menginstall server atau komputer server beserta konfigurasinya. Untuk server jaringan biasanya dalam perusahaan atau lembaga menggunakan sistem operasi linux. Kemudian.
  2. Troubleshooting Permasalahan pada jaringan Saat tiba-tiba jaringan kita down atau terjadi masalah, nah ini termasukmerupakan tugas dari admin jaringan, kita wajib mengkondisikan agar jaringan yang kita kelola agar berfugsi dengan baik.
  3. Menginstall dan Mengkonfigurasi Aplication Software Kemudian setelah melakukan installasi dan konfigurasi server maka tugas kedua administrator jaringan adalah menentukan aplikasi dan software apa saja yang ingin digunakan dalam jaringan tersebut. 
  4. Membuat dan Mengelolah User Untuk tugas lainya dari administrator jaringan adalah membuat dan mengelolah user, dimana user disini sangatlah dibutuhkan agar tidak sembarangan orang yang memasuki jaringan. Oleh karena itu dibuatlah user untuk lebih mengamankan jaringan.
  5. Back Up dan Restore File Back Up dan Restore file sangatlah dibutuhkan dalam administrasi jaringan. Hal ini dilakukan karena jika terjadi masalah dalam server atau jaringan maka data yang hilang masih tetap tersimpan dan aman.
  6. Mengkonfigurasi Keamanan Sistem Keamanan sistem sangatlah dibutuhkan untuk melindungi jaringan dan data-data dalam jaringan. Oleh karena itu server atau sistem jaringan harus dikonfigurasi.
  7. Menggunakan Tool untuk Memonitor Keamanan Jaringan
    Untuk memonitor atau mengontrol jaringan, administrator diharapkan menggunakan tool dan tidak diharuskan  untuk langsung mengontrol melalui server karena hal tersebut sangat beresiko terhadap keamanan.
Pada intinya administrasi jaringan adalah sebuah tugas dari administrator jaringan untuk mengelolah sumber daya dan juga keamanan dalam jaringan komputer serta mengkondisikan jaringan yang dikelolanya agar selalu dalam keadaan baik.

Untuk menjadi seorang admin jaringan yang handal tentunya anda di tuntut untuk serba bisa menangani segala masalah yang berhubungan dengan komputer, untuk itu diperlukan skill dan juga keinginan untuk terus belajar akan sesuatu hal yang baru karena pada dasarnya teknologi itu pasti akan mengalami perkembangan nah oleh karena itu diperlukan belajar, anda juga bisa belajar mengenai hal-hal yang dapat mendukung pekerjaan anda seperti Coding, Design, dan juga faham akan bahasa pemrograman.

Dengan kemampuan di atas tentunya kamu akan mudah mengatasi berbagai masalah yang akan kamu temui, itu juga akan menjadi peluangmu untuk bisa menjadi orang yang lebih baik karena pasti kamu akan merasa bosan dengan apa yang ada sehingga munculah ide-ide yang cukup bagus untuk menunjang perkembanganmu.
Mualtry
Blog pribadi tempat belajar jaringan dan automation system, diharapkan agar bisa saling berdiskusi terhadap suatu masalah agar dapat saling membantu
Comments
Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain