Mualtry - Hai sobat, apa pernah kalian di undang untuk interview namun kok masih ragu dengan undangan yang di tunjukkan tersebut. Kalian perlu berhati-hati terhadap undangan interview fiktif yang berujung pada penipuan nih sobat. banyak dari temen kita telah tertipu oleh segelintir orang yang mencari keuntunganya sendiri.

Kali ini Yuuki dari Mualtry.com akan membahas 5 ciri-ciri undangan interview yang patut di curigai, tentunya sebagai bahan pertimbangan buat sobat agar lebih ber hati-hati dalam menyaring informasi, agar  tidak berujung pada kerugian baik materi maupun waktu.

1. Panggilan interview sama sekali tidak menyebutkan posisi atau lowongan
So masak sih kita di undang interview namun tidak di sebutkan nama perusahaan atau posisi yang dilamar, perlu di waspadai karena minimal perusahaan akan meyebutkan lokasi dan juga posisi yang di lamar, jika kalian ragu/ kalian bisa menanyakan kembali mengenai detail pekerjaan yang kamu lamar serta untuk memastikan bahwa lowongan tersebut memang pernah kamu lamar dan untuk menghindari interview fiktif.

2. Mencantumkan nama semua kandidat yang di undang
sekilas wajar saja sih apabila setelah mengikuti tes pertama, nama-nama kandidat akan di pajang di papan pengumuman. Namun akan menjadi janggal kalau belum tes eh tau-tau nya di undang interview dan di sebutkan nama semua kandidat yang juga turut di undang interview, karena seharusnya undangan interview kan bersifat personal.

3. Semua biaya transportasi, konsumsi, dan lainnya harus di talangi oleh kandidat
Maksudnya semua biaya yang di keluarkan oleh sobat akan di ganti oleh perusahaan pada saat di lokasi, masak sih perusahaan mau rugi yang rela mengeluarkan uang hanya untuk proses interview ,yang belum tentu calon pekerja di terima dalam perusahaan tersebut. Kecuali kalau di nyatakan sudah di terima dan akan berangkat ke lokasi bekerja, baru deh itu masuk akal, iya kan

4. Semua infomasi yang di berikan sama sekali tidak relefan
Pernah gak sih kamu dapat panggilan interview dari perusahaan yang tidak jelas asal usulnya, bahkan lokasnya pun juga sangat mencurigakan, apalagi di iming-iming i dengan gaji yang besar, harus bayar ini lah itu lah nanti di jamin keterima padahal kan niatnya cari kerja buat cari duit eh malah suruh bayar, capek deh

5. Banyak bagian yang tidak perlu atau tidak lazim dalam surat undangan interview
Terkadang ada surat interview yang isinya kurang masuk akal yang seharusnya tidak di cantumkan dalam surat, seperti promosi produk perusahaan, dan detail-detail mengenai perusahaanya. Padahal fungsi interview itu sendiri selain untuk menggali informasi dari kandidat juga berfungsi mengenalkan perusahaanya, masak sih harus di jelaskan juga di surat undangan interview nya, trus kalo gitu fungsi interview untuk apa, dari sini sudah kelihatan bahwa interview tersebut adalah palsu.

so bagi sobat-sobat sekalian yang sedang mencari kerja semoga di beri keselamatan dan kesehatan selalu dan di hindarkan dari penipuan tentunya sobat juga harus berfikir secara logis dan aktif bertanya agar tidak terjadi penipuan dan juga kesalahpahaman. Seiring perkembangan zaman penipuan kerap terjadi apalagi di dunia internet, kita harus pandai untuk memilah mana sih yang benar dan salah. So tetap hati-hati ya, terimakasih dan jangan lupa kunjungi terus Mualtry.com ya

0Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya