Penjelasan FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file komputer antara klien dan server di jaringan komputer.

FTP dibangun pada model arsitektur client-server menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasi diri mereka dengan protokol masuk-teks yang jelas, biasanya dalam bentuk nama pengguna dan kata sandi, tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk mengizinkannya. Untuk transmisi aman yang melindungi nama pengguna dan kata sandi, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS (FTPS) atau diganti dengan SSH File Transfer Protocol (SFTP).

Aplikasi klien FTP pertama adalah program baris perintah yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirim dengan sebagian besar sistem operasi Windows, Unix, dan Linux. Sejak saat itu, banyak klien FTP dan utilitas otomatisasi dikembangkan untuk desktop, server, perangkat seluler, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam aplikasi produktivitas, seperti editor HTML.

Sejarah Singkat FTP

Spesifikasi asli untuk Protokol Transfer File ditulis oleh Abhay Bhushan dan diterbitkan sebagai RFC 114 pada 16 April 1971. Hingga 1980, FTP dijalankan pada NCP, pendahulu TCP / IP. Protokol kemudian digantikan oleh versi TCP / IP, RFC 765 (Juni 1980) dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi saat ini. Beberapa standar yang diusulkan mengubah RFC 959, misalnya RFC 1579 (Februari 1994) memungkinkan Firewall-Friendly FTP (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998) menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan jenis baru mode pasif.

Fungsi FTP

Sesuai dengan namanya fungsi utama dari FTP yaitu untuk mengrimkan file dari client ke server atau sebaliknya, FTP sendiri selain tersedia di server kita juga bisa memanfaatkan sumber di PC client dengan cara sharing data, kita cukup mengkonfigurasi komputer mana saja yang akan melakukan sharing data dan dan mengkonfigurasi alamat IP supaya berada dalam satu jaringan yang sama. Kita juga bisa menggunakan media penghubung FTP berupa :
  • Hotspot HP
  • Switch atau HUB dengan kabel LAN
  • Jika jumlah peserta hanya ada 2 maka cukup menggunakan kabel LAN saja]
  • WiFi, untuk file kecil tidak masalah kita menggunakan wifi namun untuk mengirim file dalam skala besar kita harus menggunakan jalur yang lebih besar seperti kabel LAN dengan speed 1Gbps
  • Fiber optic, untuk jalur FO sendiri kita harus menyediakan konverter dari FO ke kabel LAN namu karena rata-rata perangkat komputer masih belum suport untuk konektor FO dan rata-rata menggunakan kabel FO untuk jalur backbound nya saja.

Aplikasi pendukug FTP

Untuk aplikasi penunjang FTP sendiri saya biasa menggunakan FileZilla atau WinSCP, berikut pengertian dari kedua software tersebut secara singkat:
  • FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Binari tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Software ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS.
  • WinSCP adalah klien SFTP, FTP, WebDAV, Amazon S3, dan SCP sumber terbuka dan gratis untuk Microsoft Windows. Fungsi utamanya adalah transfer file aman antara komputer lokal dan remote. Selain itu, WinSCP menawarkan manajer file dasar dan fungsionalitas sinkronisasi file.
Sebenarnya banyak aplikasi yang mendukung fungsi FTP namun yang biasa saya gunakan adalah kedua software di atas. Saya menggunakan aplikasi tersebut jika banyak file yang perlu saya edit dan perbaiki contohnya seperti pembuatan website dimana saya harus menaruh file, mengeditnya dan lainya. 

Syntax FTP

Syntak URL FTP dijelaskan dalam RFC 1738, dengan mengambil bentuk:
ftp: // [pengguna [: kata sandi] @] host [: port] / jalur-url
(bagian yang diberi tanda kurung adalah opsional).

Misalnya, URL
ftp://public.ftp-servers.example.com/mydirectory/myfile.txt
mewakili file myfile.txt dari direktori mydirectory di server public.ftp-servers.example.com sebagai sumber daya FTP . URL
ftp://user001:secretpassword@private.ftp-servers.example.com/mydirectory/myfile.txt
menambahkan spesifikasi nama pengguna dan kata sandi yang harus digunakan untuk mengakses sumber daya ini.

atau sobat juga dapat langsung memasukkan
ftp://alamatserver
nanti akan secara otomatis server akan meminta username dan password agar sobat dapat mengakses FTP pada server sobat tersebut.
Detail lebih lanjut tentang menentukan nama pengguna dan kata sandi dapat ditemukan di dokumentasi peramban (mis., Firefox dan Internet Explorer). Secara default, sebagian besar browser web menggunakan mode pasif (PASV), yang lebih mudah melintasi firewall pengguna akhir.

Beberapa variasi telah ada dalam cara browser yang berbeda memperlakukan resolusi jalur dalam kasus di mana ada direktori home non-root untuk pengguna.

Kelebihan Dan Kekurangan FTP

Kelebihan dari FTP
  1. FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
  2. FTP dapat mentransfer data
  3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.
  4. Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
  5. FTP merupakan versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan account.
Kekurangan dari FTP
  1. FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan sering kali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.
  3. Desain FTP masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai risiko yang mereka hadapi.

CARA KERJA FTP

  1. Port standard FTP adalah 21 (pada server).
  2. Pada sisi server, FTP server menunggu incoming connection di port 21 (default).
  3. FTP client mencoba connect ke FTP server (daemon) dengan memasukan user password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
  4. FTP server melakukan pengecekan apakah user dan passwordnya valid, Jika valid maka akan berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.
  5. Setelah user tervalidasi maka FTP client dapat mengunduh/meng-upload ataupun menghapus file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

PROSES PADA FTP

1. Upload
Proses transfer data dari komputer local ke komputer server yang menyediakan akses FTP.
2. Download
Proses transfer data dari komputer server ke komputer local.

JENIS – JENIS FTP

Berdasarkan Hak Akses:
  1. FTP User FTP user artinya FTP yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Karena FTP user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya. Format dari FTP user:
  2. FTP Anonymous FTP anonymous artinya FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password ataupun bila diminta password. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk verifikasi. Format dari FTP anonymous: ftp://ftp5.freebsd.org
Secara Global:
  1. FTP Server adalah komputer server yang memberikan akses FTP ke jaringan local maupun Internet (global). Macam – macam software pembangun FTP server antara lain adalah FTPd, Pro-FTPd, Wu-FTPd, FTPX, Troll-FTPd .
  2. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Ada beberapa macam jenis FTP client
Sekian pembahasan FTP, untuk saya sendiri menggunakan FTP karena memang di perlukan karena fungsinya itu sebagai transfer data yang pastinya di perlukan untuk mengirim data baik dari client to server ataupun sebaliknya. Terima kasih telah berkunjung sampai jumpa lagi.


0Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya