Singkatnya modem biasa digunakan untuk koneksi internet, telepon dan SMS namun tidak semua tipe modem suport akan hal tersebut dan mayoritas modem digunakan untuk mengakses koneksi internet dari operator selular. Disini saya akan menjelaskan mengenai modem yang biasa digunakan oleh banyak orang-orang, menurut saya pribadi modem itu saya bagi menjadi 2 tipe yaitu:
  • Modem tipe Hlink merupakan modem yang dapat di akses menggunakan web browser dengan memasukkan alamat IP modem pada browser yang sobat gunakan. Nah jika sobat ingin siple penggunaan modem untuk Openwrt tipe modem ini cocok karena minim konfigurasi sehingga orang awam pun insyaalah bisa menggunakanya dengan mudah.
  • Modem tipe Mobile Partner/modem DialUp, sesuai dengan namanya modem ini sudah include dengan aplikasi mobile partner. Kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu sebelum melakukan koneksi ke operator selular.
Tambahan untuk modem tipe Hlink Huawei biasanya sudah ter suport oleh aplikasi dari pihak pembuat, jadi user lebih di mudahkan untuk melakukan management modem menggunakan aplikasi tersebut.

Kali ini saya akan melanjutkan mengenai tutorial cara menghubungkan modem DialUp dengan Openwrt. Di atas merupakan panduan untuk menggunakan protocol mana yang cocok dengan modem kalian
  1. karena kita menggunakan modem DialUp 4G E3372 maka kita akan memilih Protocol 4G NCM
  2. Buka konfigurasi Openwrt sobat dengan IP default 192.168.1.1 dan sobat akan di arahkan ke halaman Openwrt, User pass default yaitu root root
  3. Masuk ke menu Network > Interfaces. Hapus protokol yang tidak kamu gunakan, disini karena saya hanya ingin menggunakan protokol 4G maka protokol 3G saya hapus
  4. Klik Edit pada protokol 4G, Pilih protokol menggunakan NCM, untuk service type sesuaikan dengan sinya di daerah sobat. Untuk konfigurasi saya lihat gambar di bawah.
  5. Setelah selesai lalu klik Save & Apply, lalu sobat akan di arahkan ke halaman Interfaces
  6. Colokan modem 4G yang akan sobat gunakan lalu klik Connect, tunggu beberapa saat dan hingga modem mendapatkan alamat IP DHCP dari operator.
  7. Modem siap digunakan. Oh iya untuk konfigurasi 3G modem tinggal menyesuaikan dengan contoh gambar pemilihan protokol di atas ya.
  8. Untuk konfigurasi firewall saya menggunakan konfigurasi default dari openwrt
Nah gitu sih sobat caranya, cukup mudah bukan. Jika saat sobat klik Connect namun tidak kunjung konek klik Stop tersebih dahulu lalu coba klik Connect lagi.
Untuk cara yang saya gunakan adalah seperti itu, jikasobat mengalami masalah lan saat mencoba tutorial ini bisa share pengalamanya di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih telah berkunjung di website mualtry.com dan ssemoga tutorialnya bermanfaat.

0Komentar

Berikanlah komentar atau kritikan yang bersifat membangun, gunakan akun Google untuk menghilangkan verifikasi komentar / mempermudah komentar.

Sebelumnya Selanjutnya