Komponen Fisik Penyusun Jaringan Komputer

Mualtry - Jaringan komputer minimal terdiri dari dua komputer yang saling terhubung dengan sebuah media sehingga komputer-komputer tersebut  dapat saling berbagi sumber daya  dan berkomunikasi, pada  umumnya sebuah network terdiri dari banyak  komputer. Jaringan komputer muncul karena adanya kebutuhan untuk berbagi data diantara para pengguna jaringan. Tanpa sebuah network, files dan data dapat di bagi kepada user lain dengan memberikanya secara manual disimpan ke flash disk atau hardrive. Komputer-komputer yang saling terhubung dan berbagi resource dikenal dengan istilah Networking. Sharing merupakan penggunaan bersama sumber daya (peripheral dan data) yang terdapat dalam komputer dalam suatu jaringan. Untuk menyusun agar terbentuk sebuah jaringan komputer di perlukan beberapa komponen fisik yang akan di bahas sebagai berikut:

  1. Personal Computer (PC)

    PC merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC bekerja mengirim dan mengakses data dalam jaringan. Kemampuan suatu PC sangat menentukan untuk kerja dari jaringan. Semakin tinggi kemampuan suatu PC maka akses yang dilakukan pada jaringan akan semakin cepat. Secara definisi, komputer merupakan sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

    Data merupakan fakta, atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar, kata-kata, angka-angka, huruf-huruf, atau simbol-simbol yang menunjukkan suatu ide, objek, kondisi, atau situasi. Informasi merupakan keterangan data yang telah di proses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan saat kini atau keputusan mendatang. Menurut Setiawan (2005:16-17) konfigurasi komputer terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
    • Hardware (perangkat keras)
      Hardware yaitu suatu alat yang bisa di lihat dan di raba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software. Perangkat keras komputer terdiri dari :
      1. Input device merupakan alat yang digunakan untuk memasukan data atau instruksi ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse, mic, dan joystick.
      2. Process device merupakan alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki. Alat ini disebut Central Processing Unit (CPU). Contoh :Processor dan VGA
      3. Output device merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informasi hasil pengolahan dari input. Contoh : monitor, printer dan speaker
    • Software (perangkat lunak)
      Software merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Software  terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
      1. Sistem operasi : MAC, Windows dan Linux
      2. Program utility : Browser dan file explorer
      3. Program aplikasi : AutoCAD, Paint, dan game
      4. Program paket : Ms Office dan Libre Office
      5. Bahasa pemrograman atau text editor : Notepad, Atom, dan Sublime text
    • Brainware (perangkat pikir)
      Brainware yaitu personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, administrator, operator, dan user.
  2. Topologi Jaringan

    Topologi atau arsitektur jaringan merupakan pola hubungan antar device dalam suatu sistem jaringan komputer. Topologi ini akan mempengaruhi tingkat efektifitas kinerja jaringan, ada beberapa jenis topologi yang dapat di implementasikan dalam jaringan. Selengkapnya sobat dapat membaca pada artikel Pembahasan Topologi Dasar jaringan komputer LAN, MAN, WAN berikut.
  3. Peralatan Pendukung Jaringan

    Jika sudah ada komputer dan juga topologi yang sudah di tentukan maka untuk selanjutnya diperlukan komponen tambahan yaitu sebagai media, konektor dan alat pendukung lainya yaitu:
    • Network Adapter
      Disini saya menyebut network adapter karena akan terdiri dari 2 jenis media komunikasi yaitu yang biasa digunakan pada sebuah komputer yaitu :
      1. Network Interface Card (NIC)
        NIC atau kartu jaringan (LAN card) merupakan sebuah peripheral komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan device lainya. Pemasangan LAN card dihubungkan pada slot ekspansi pada komputer baik slot ISA (model lama) maupun slot PCI (model zaman sekarang) dan pada beberapa motherboard komputer, NIC sudah terpasang secara Onboard.
      2. Wireless Card
        Untuk menghubungkan komputer melalui jaringan wireless di perlukan alat tambahan yang biasanya menggunakan USB Dongle WIFI, sobat dapat dengan mudah mendapatkanya di toko komputer atau marketplace di internet.
    • Switch (Konsentrator)
      Switch adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap client, server atau perangkat lainnya. Switch merupakan pusat koneksi semua host pada jaringan. Semua peralatan jaringan dihubungkan melaluinya. Switch bertindak sebagai titik pengendali untuk aktivitas sistem pengelolan serta pengembangan jaringan.
    • Modem
      Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang mengubah sinyal digital ke analog atau sebaliknya saat proses transmisi data. Modem berfungsi sebagai peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet. Pada era sekarang modem yang biasa digunakan yaitu GSM dengan perantara wireless dan juga ONT dengan perantara Kabel Fiber Optic, para pegiat ISP besar menggunakan ONT karena banyak kelebihan yang di tawarkan, hal tersebut tergantung dari faktor pendukung misalnya lokasi, speed, besar bandwidth dll.
    • Media Transmisi (Kabel)
      Media terarah atau kabel merupakan komponen fisik jaringan yang paling rentan dan harus di install secara cermat dan teliti. Pemilihan jenis kabel sangat terkait dengan topologi jaringan dan juga jarak tempuh dari topologi itu sendiri. Untuk jarak dekat yang hanya pada area tertentu sobat bisa menggunakan kabel UTP, dan jika jarak yang di tempuh cukup jauh sobat dapat menggunakan media wireless dengan frekuensi 5Ghz atau bisa menggunakan kabel FO sebagai media paling efisien saat ini.
    • Acces Point
      Dalam jaringan komputer, sebuah jalur akses nirkabel (Wireless) AP adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan  antar  perangkat  untuk  terhubung.  Access  Point juga berfungsi  sebagai switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless, di access point inilah koneksi data dan internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal akan semakin luas jangkauannya.

Berikut sedikit pembahasan mengenai Komponen Fisik Jaringan Komputer, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

 

0Komentar

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya
-->