Package dari Atom yang akan Mempermudah Pekerjaan Sebagai Programmer

Mualtry - Atom adalah salah satu aplikasi text editor yang cukup bagus dan banyak digunakan oleh para Programmer di dunia. Dalam text editor tersebut dibuat Package yang difungsikan untuk mempermudah pekerjaan sebagai Programmer, sampai saat artikel ini dibuat sudah ada 9.241 package yang mendukung atom dan tentunya dari sekian banyak package tersebut akan saya rekomendasikan menjadi beberapa Package yang wajib kamu Install serta tentunya dapat mempermudah pekerjaanmu sebagai Programmer.

Sebelumnya membahas package, ada 2 fungsi yang menjadi unggulan Atom dari Text Editor lainya yaitu :

  1. Teletype for Atom
    Banyak hal terjadi ketika pengembang bekerja sama, mulai dari mengajar dan berbagi pengetahuan hingga membangun perangkat lunak yang lebih baik. Teletype for Atom membuat kolaborasi pada code semudah sedirian membuat code, langsung dari editor sobat. Bagikan ruang kerja sobat dan edit code bersama-sama secara real time. Untuk mulai berkolaborasi, buka Teletype di Atom dan instal paketnya.
  2. GitHub for Atom
    Text Editor adalah inti dari kotak alat pengembang, tetapi biasanya tidak bekerja secara sendiri. Pekerjaan dapat dibantu dengan Git dan GitHub langsung dari Atom dengan paket GitHub. Buat branches, stage and commit, push and pull, resolve merge conflicts, view pull requests dan masih banyak lagi, semua bisa di dapatkan pada Atom Text Editor. Paket GitHub sudah dibundel dengan Atom, jadi sobat tinggal menggunakanya.

Package Atom yang Wajib Kamu Install

  1. Emmet

    Dengan Emmet, sobat bisa membuat tag HTML dengan super cepat. Hanya dengan menulis rumus singkat, kita bisa men-generate tag HTML untuk membuat kerangka website. Berikut beberapa fitur dari Emmet yaitu :
    • Expand abbreviations by Tab key.
    • Multiple cursor support: most Emmet actions like Expand Abbreviation, Wrap with Abbreviation, Update Tag can run in multi-cursor mode.
    • Interactive actions (Interactive Expand Abbreviation, Wrap With Abbreviation, Update Tag) allows you to preview result real-time as you type.
    • Better tabstops in generated content: when abbreviation expanded, hit Tab key to quickly traverse between important code points.
    • Emmet v1.1 core.
    https://atom.io/packages/emmet
  2. Minimap

    Dengan Minimap sobat dapat menampilkan seluruh code program yang kita tulis dalam ukuran font yang sangat kecil yang secara default terletak di samping kanan panel. Tujuannya adalah memudahkan kita untuk men-scroll dokumen yang sudah kita ketik sampai ratusan atau ribuan baris dengan cara klik pada tab Minimap lalu geser mouse ke atas atau ke bawah. Berikut beberapa fitur dari Minimap yaitu :
    • Service-based Plugin API: Use the plugin generation command and start developing your plugin right away.
    • Decoration API: Use the same API to manage TextEditor and Minimap decorations.
    • Canvas-based Rendering: Simple, fast and flexible.
    • Stand-alone Mode: Wants to display a preview of a text editor in your UIs, use a stand-alone version of the Minimap.
     https://atom.io/packages/minimap
  3. Color Picker

    Dengan Color Picker sobat dapat memilih sample warna disertai cFode warna (RGB, HEX, HSL, HSV, VEC) untuk CSS dll. Untuk shotcut-nya kamu tinggal tekan Alt+Ctrl+C/CMD+Shift+C atau sobat dapat mengatur tombol shotcut pada menu Setting package.Untuk cara penggunaanya setelah sobat tekan shotcut key > pilih type code warna > lalu tekan enter. Berikut beberapa fitur dari Color Picker yaitu :
    • Abbreviate Color Values: If possible, abbreviate color values, like for example “0.3” to “.3”, “#ffffff” to “#fff” and “rgb(0, 0, 0)” to “rgb(0,0,0)”.
    • Automatically Replace Color: Replace selected color automatically on change. Works well with as-you-type CSS reloaders.
    • Preferred Color Format: On open, the Color Picker will show a color in this format.
    • Serve a random color on open: If the Color Picker doesn't get an input color, it serves a completely random color.
    • Trigger key: Decide what trigger key should open the Color Picker. CMD-SHIFT-{TRIGGER_KEY} and CTRL-ALT-{TRIGGER_KEY}. Requires a restart.
    • Uppercase Color Values: If sensible, uppercase the color value. For example, “#aaa” becomes “#AAA”.
    https://atom.io/packages/color-picker
  4. Pigment

    Dengan Pigment sobat dapat mengetahui warna dari code warna yang ada. Paket Pigmen menyediakan code warna apapun, lalu ditampilkan dengan cara membuat palet. Untuk penggunaanya aktif secara otomatis setelah sobat menginstall package tersebut. Pigmen akan memindai file sumber di direktori project sobat untuk mencari warna dan akan otomatis membuat palet dengan sendirinya. Kemudian untuk setiap file yang dibuka, ia akan menggunakan palet untuk mengevaluasi nilai warna yang diberikan.
    https://atom.io/packages/pigments
  5. File Icons

    File Icons berfungsi untuk mempercantik project manajer kita, file-file dalam folder project akan memiliki icon sesuai dengan jenis bahasa pemrogramannya. Tentunya dapat membantu kita agar tidak bingung melihat puluhan file. Sobat juga dapat melakukan kustom icon, warna dan font yang digunakan pada Package tersebut. Selengkapnya sobat dapat melihatnya pada link berikut
    https://atom.io/packages/file-icons
  6. Beautify

    Dengan Beautify penulisan code program yang kita buat akan rapi sehingga lebih nyaman dilihat. Cara penggunaanya adalah dengan klik kanan pada mouse lalu pilih Beautify Editor Content, maka project sobat akan tersusun dengan sendirinya.
    https://atom.io/packages/atom-beautify

Berikut sedikit pembahasan mengenai Packages Atom Yang Harus Kamu Install yang tentunya akan mempermudah pekerjaanmu dalam penulisan code, jika ada hal yang perlu di tanyakan silakan tulis di kolom komentar. Sekian dari saya, disini saya hanya sekedar menshare ulang dengan maksud ingin berbagi, pastikan sobat tunggu update berikutnya hanya di www.mualtry.com. Sekian post dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

0Komentar

Malu bertanya sesat di jalan, kepo itu perlu baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Sebelumnya Selanjutnya